Selasa, 16 Oktober 2012

Manajen Konflik

Oke kawan semua dalam kehidupan kita sehari hari saat bermasyarakat, bersosial pasti ada sebuah konflik yang kita dapatkan. Disini saya akan membahas tentang bagaimana mengatur atau menyelesaikan masalah yang terjadi biasa disebut "Manajemen Konflik". 

Kita harus mengetahui terlebih duhulu pengertian konflik. Menurut (robins:1966)  adalah suatu proses interaksi yang terjadi akibat ketidaksesuaian antara dua pendapat (sudut pandangt) yang berpenguh atas pihak pihak yang terlibat baik pengaruh positif ataupun negatif.konflik merupakan hal yang manusia, memanusiakwikan konflik akan lebih indah dibanding dengan mengingkari konflik.

Dampak sebuah konflik ada negatifnya yaitu produktifitas menurun, kepercayaan merosot , informasi dirahasiakan , timbulnya masalah moral, dan proses pengambilan sebuah keputusan akan tertunda apabila konflik terjadi pada sebuah pekerjaan atau organisasi, konflik tidak hanya berdampak negatif saja akan tetapi berdampak positif juga ada antara lain motivasi dapat meningkayt, loyalitas dalam dalam kelompok dapat meningkat, ikatan kelompok lebih erat apabila dapat menyelesaikan sebuah masalah dan dapat membantu upaya mencapai tujuan.

konflik pun ada beberapa jenis 
1. konflik intrapersonal
2. konflik interpersonal
3. konfil individu-kelompok
4. konflik antar kelompok

apa yang harus dilakukan dalam upaya penanggulangan sebuah konflik dapat dengan instropeksi diri, evaluasi pihak pihak terkait , dan identifikasi sumber konflik.

Handling Conflict
Mengurangi Konflik :
-Cooling down
-Mencari musuh bersama
Menyelesaikan Konflik (Spiegel, 1994)
Berkompetisi/Dominating à win-lose
Hindari konflik/Avoiding à lose - win
Akomodasi/Smoothing à self sacrifying
Kompromi à win-win solution
Kolaborasi/Integrating à kerjasama

ini yang bisa saya sharingkan pada temen-temen semoga bermanfaat.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar